Powered by Blogger.

Apr 7, 2010

Apa Itu Email Hoax dan spam?

Written by Pena Islam
Tuesday, 06 April 2010 21:31
By Abdi

Ada dua hal yang sangat mengganggu saat kita menerima email: Hoax dan Spam. Hoax adalah email peringatan atau nasehat palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya. Sedangkan spam adalah suatu pesan yang tidak dikehendaki oleh pembacanya, dan seringkali berupa iklan suatu produk. Tips dan Trik ini berusaha membahas secara singkat mengenai ciri-ciri dan apa yang harus dilakukan jika kita menerima hoax atau spam.

HOAX
Saat ini seringkali ada email-email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai "HOAX". Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Ciri-ciri
1. Didistribusikan via email, dan seringkali memanfaatkan media mailing list karena efeknya lebih terasa.

2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.

3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas. Hoax ini memanfaatkan iktikad baik si pembaca, sehingga pembaca email ini tanpa meneliti lebih dahulu kebenaran beritanya, langsung segera menyebarkannya ke forum yang lebih luas. Akibatnya lalu lintas peredaran data di internet makin padat dengan berita yang tidak benar.

4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.

Apa yang harus kita lakukan bila menerima Hoax?
1. Jika menerima email berisi warning akan ancaman virus disertai himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya, maka lebih baik warning tsb. jangan disebarkan dulu sebelum yakin akan kebenaran isinya.

2. Periksalah terlebih dahulu, apakah warning itu termasuk kategori Hoax atau bukan, lewat search engine (google.com, altavista.com dsb.) atau langsung mengakses situs-situs yang didedikasikan untuk menghadapi Hoax, seperti misalnya: http://www.symantec.com/avcenter/hoax.html http://www.europe.f-secure.com/news/hoax.htm

3. Selalu mengupdate Virus List pada Software Anti Virus kita (Norton, McAfee, dsb). Tersedia juga Anti Virus Software yang gratis, dapat didownload dari http://www.grisoft.com

Contoh Hoax
Dibawah ini dilampirkan beberapa contoh Hoax, yang diambil dari situs Symantec: http://www.symantec.com/avcenter/hoax.html Terlihat dengan jelas pada posting-posting dibawah, kesamaan ciri-cirinya: berisi warning palsu, dan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya.

Contoh 1: Happy New Year Virus Hoax
Warning on December 31, 2007 you may receive an email called, Happy New Year...do not open it, it contains a deadly virus...it will erase windows from your computer along with many other program files.Pass this on as soon as you can to get the WORD out!!!This is not a hoax....this was reported on CNN on Tuesday the 2nd November 2007!

Contoh 2: Life is beautiful Hoax
This information arrived this morning, from Microsoft and Norton. Please send it to everybody you know who accesses the Internet. You may receive an apparently harmless email with a PowerPoint presentation called "Life is beautiful.pps." If you receive it DO NOT OPEN THE FILE UNDER ANY CIRCUMSTANCES, and delete it immediately. If you open this file, a message will appear on your screen saying: "It is too late now, your life is no longer beautiful", subsequently you will LOSE EVERYTHING IN YOUR PC and the person who sent it to you will gain access to your name, email and password. This is a new virus which started to circulate on Saturday afternoon. WE NEED TO DO EVERYTHING POSSIBLE TO STOP THIS VIRUS. UOL has already confirmed its dangerousness, and the antivirus Softs are not capable of destroying it. The virus has been created by a hacker who calls himself "life owner", and who aims to destroying domestic PCs and who also fights Microsoft in court! That's why it comes disguised with extension pps. He fights in court for the Windows-XP patent. MAKE A COPY OF THIS EMAIL TO ALL YOUR FRIENDS.

SPAM
Sering kita memperoleh email mengenai promosi suatu produk, suatu propaganda mengenai faham, yang sebenarnya kita tidak mengharapkan untuk menerimanya. Email semacam ini dikategorikan sebagai "spam". Ada beberapa definisi mengenai spam. Diantaranya adalah definisi yang dicantumkan di http://tuxedo.org/jargon/jargon.html#spam

1. Membuat crash suatu program dengan memakai buffer yang menggunakan input data terlalu besar.

2. Mengirimkan suatu pesan ke newsgroup menyebabkan forum tersebut penuh dengan pesan yang tidak relevan.

3. Mempostingkan artikel ke banyak newsgroup atau mailing list. Hal ini disebut juga ECP (Excessive Cross-Posting).

4. Memborbardir suatu newsgroup/mailing list dengan kopi-an suatu artikel yang sama. Hal ini diistilahkan EMP( Excessive Multi-Posting).

5. Mengirimkan banyak email serupa yang tidak diharapkan oleh pembacanya, terutama yang berkaitan dengan iklan suatu produk.

6. Output yang besar dan menjengkelkan. Misalnya terjadi pada seorang pengguna IRC yang beranjak sebentar dari monitor, kemudian saat kembali seringkali merasa jengkel melihat kalimat yang mungkin terdiri dari beratus-ratus baris. Ini dikategorikan juga sebagai spam. Spam ini sangat mengganggu, terutama bagi user yang bandwith koneksi internetnya kecil, tidak memiliki waktu luang untuk mengakses internet, atau kuota emailnya dibatasi.

Apakah yang harus dihindari agar tidak memperoleh spam?
Beberapa petunjuk untuk menghindari spamming-mail dapat dilihat di http://help.yahoo.com/help/us/mail/spam/spam-03.html

Antara lain:
1. Jangan sekali-kali merespon spamming mail.
2. Jangan sekali-kali meresply spamming mail dengan kata "remove". Hal ini akan mengakibatkan email dicatat sebagai email yang aktif, dan akibatnya alamat akan dicantumkan pada list yang lain. Akibatnya akan menerima lagi spamming-mail.
3. Jangan mengakses website yang direkomendasikan dalam spamming mail tersebut. Akses ini akan dimonitor, dan berfungsi sebagai alat validitas alamat email. Selanjutnya kita tidak akan bebas dari spamming-mail.
4. Jangan sekali-kali men-sign-up suatu site yang menjanjikan bahwa alamat kita akan dihapus dari suatu list spamming-mail. Dengan menuliskan alamat kita, berarti kita memberikan informasi alamat email kita pada pengelola situs tsb., dan kebanyakan mereka berperan sebagai kolektor alamat email.

Apa yang harus dilakukan bila terlanjur menerima spamming-mail?
1. Janganlah mengirimkan complain kita ke pengirim spamming-mail
2. Janganlah sekali-kali mematuhi "petunjuk" agar didrop dari mailing list mereka sebagaimana diberikan di bagian akhir spamming-mail tersebut. Akan tetapi kirimkan complain pada ISP (Internet Service Provider).
3. Cara memblock spamming email, bila domain alamat kita @yahoo.com, silakan merefer ke http://help.yahoo.com/help/us/mail/read/read-22.html
4. Bila spamming email tersebut diterima dari seseorang yang beralamatkan @yahoo.com atau @yahoo.co.jp, kita tinggal memforwardkan spamming-mail tersebut lengkap dengan header-nya ke abuse@yahoo.com This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Petunjuk mengenai hal ini dapat dilihat di: http://help.yahoo.com/help/us/mail/spam/spam-04.html

Sumber: http://www.abdi10.co.tv/2009/03/apa-itu-email-hoax-dan-spam.html

0 comments:

Blog Archive


Bacaan Duduk Antara 2 Sujud

Bacaan Duduk Antara 2 Sujud
Related Posts with Thumbnails

Blogger 1

Blogger 2

Sabda Nabi s.a.w yangbermaksud, "Sesungguhnya
dalam syurga terdapat sebuah pintu yang dikenali dengan nama
Rayyan, dimana memasuki
daripadanya orang‐orang yang berpuasa pada hari kiamat dan yang lain tidak berhak. Dikatakan mana orang yang berpuasa? Lantas mereka bangun dan masuk melaluinya. Apabila selesai ditutup dan tiada yang lain berhak memasukinya."

Apabila engkau berada di waktu petang, maka janganlah engkau menunggu (ketibaan) waktu pagi dan

apabila engkau berada di waktu pagi, maka janganlah engkau menunggu (ketibaan) waktu petang.

Ambillah peluang dari kesihatanmu untuk masa sakitmu dan masa hidupmu untuk matimu.

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP